Senin, 06 April 2015

Daftar Oleh-Oleh Makanan dari Batu Malang

Assalamu'alaikum, Travellers...
Gimana kabarnya sore ini? *lagi-lagi maaf ya kalau yang baca blog ini habis ndengerin adzan subuh di TV*
Semoga sehat selalu dan tetap semangat berbuat kebaikan. :)

Oke, Travellers, berita selanjutnya datang dari... mmmmm... Batu, Malang (lagi), hehehe... Yang akan kita bahas kali ini adalah oleh-oleh berupa makanan. Yuk, cari tau ada penggugah perut apa aja di Batu, Malang, dan sekitarnya yang bisa dijadikan oleh-oleh buat pulang ke rumah. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Buah apel
Whuah, siapa sih yang gak kenal dengan buah bundar (walaupun gak bundar-bundar amat sih) yang kadang manis, kadang juga asem (tergantung jenisnya juga kali), dan terkenal antioksidannya itu? Yap, buah inilah yang jadi maskot oleh-oleh dari kota Batu dan Malang. Jadi, kerasa kayak gak pas dan gak lega gitu kalau main ke Batu Malang tapi gak bawa apel pas pulang dari sana. Apalagi kalau sampai bisa dapet hasil olahannya, kayak kripik apel (dibahas di bawah ini), permen apel, hingga cuka apel (dibahas juga di bawah ini). Udah, pokoknya yangs serba apel deh! ^_^

2. Chocopel
Kalau yang satu ini, beda lagi, Travellers! Chocopel ini adalah perpaduan antara cokelat dan apel dengan kemasan yang menarik banget. Pake kata romantis gitu.. Ih, pokoknya imut deh, so sweeeet banget buat yang lagi galau gara-gara bingung mau ngasih apa ke suami atau istri yang lagi ngambek atau pusing mau cari kado macem gimana buat sahabat dan teman dekat yang lagi ulang tahun. Nah, Chocopel ini perpaduan yang cucok buanget untuk nyelesaiin kegalauan itu semua. Gimana? :)

3. Kripik-Kripik
Oleh-oleh yang ketiga khas Batu, Malang dan sekitarnya adalah segala macam kripik. Ada kripik buah, seperti kripik apel, kripik nangka, kripik semangka, kripik buah naga, kripik mangga, kripik salak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ada juga kripik olahan, seperti kripik tempe, kripik bayam, kripik ubi, emping jagung, dan sejenisnya. Harganya juga beragam, mulai dari 10 ribu perak dapet tiga bungkus, ada juga yang dijual kiloan.

4. Bakpia
Bakpia atau yang biasa disingkat pia ini pasti udah sangat familiar sekali di telinga kita-kita. Apalagi kalau travellers naksir berat sama jajanan yang satu ini. Hmmm, pasti bawaannya gak mau balik dari Batu atau Malang kalau belum dapat yang namanya pia. Sayangnya, penjual pia di kota dingin ini semakin langka, gak seperti di kota Jogja yang semakin meluas kemana-mana. Salah satu yang terkenal adalah pia Cap Mangkok. Kalau masalah rasa, mmmm... coba sendiri deh, pasti gak pingin pulang sebelum habis satu stok grosiran, hehehe.. 

5. Jenang atau Dodol
Jenang ini biasa ditemukan di kota-kota Jawa Timur, termasuk juga di Batu dan Malang. Yang bikin beda antara jenang Malang ini dengan jenang dari kota lainnya adalah bahan tambahannya, yaitu buah apel. Makanya, gak heran kalau namanya jadi jenang atau dodol apel khas Malang. Untuk masalah rasa, sekali lagi, mending dicoba langsung daripada penasaran, hehehe..

6. Mari Wijen
Udah bisa nebak ya mari wijen ini seperti apa rupanya? Ya itu loh, biskuit marie (regal) yang ditaburi wijen dengan perekat dari gula cair. Rasanya jelas jauh berbeda dengan biskuit regal pada umumnya. Yah, namanya juga udah ditempelin sama wijen, gimana rasanya gak beda? Pokoknya enaknya bawa oleh-oleh mari wijen khas Batu Malang itu kalau dimakan bareng teh anget di tempat yang dingin atau sejuk, pas pagi atau pas senja. Hmmmm, berasa wah pokoknya, hehehe..

7. Minuman Buah
Oleh-oleh yang satu ini cocok buat Travellers yang suka bikin arisan, reuni, kumpul-kumpul, pokoknya yang berbau 'meeting' sama banyak orang. *emang masih sempet ya arisan saat travelling gini? hehehe*
Jadi, kalau dolan ke Batu, Malang dan sekitarnya, rasanya gak afdol banget kalau gak bawa oleh-oleh minuman sari buah khas Batu Malang ini. Rasa buah yang ditawarkan juga beraneka ragam, mulai dari rasa orisinal, yaitu sari buah apel, sirsak, stroberi, jeruk dan jambu merah, hingga sari buah campuran, kayak sari buah apel anggur, apel leci, apel mangga, dan apel markisa.

8. Cuka Apel
Nah, yang suka bikin acar pake cuka, pas nih bawa oleh-oleh khas Batu Malang yang satu ini. Selain lebih sehat (karena dibuat dari apel, bukan bahan kimia), juga lebih mudah didapat kalau pas jalan-jalan ke Batu Malang. Kalau gak betah rasa asamnya, CUKA APEL INI GAK DISARANKAN UNTUK DIMINUM! Camkan itu! Mhoahahaha.. *ketawa sambil ngemil keripik apel*

9. Wingko
Biasanya wingko ada kota Semarang atau Lamongan ya. Kali ini ada wingko Batu Malang. Namanya wingko apel. Penasaran? Sama! Hehehe... Ntar kalau udah tau rasanya, bagi-bagi pengalaman di kolom komentar ya.. :)

10. Jahe Merah Instan
Wuih, kalau mau cari judul alias merk jahe merah instan Batu Malang, gak bakal nemu akhirnya. Buanyak banget dah! Tapi apapun merknya, yang dicari ya jelas khasiatnya kan? Pastikan jahe merah instan yang dibawa pulang gak masuk masa expired ya, biar tetep bisa dikonsumsi saat nyampe rumah. :)

11. Java Dancer Coffee
Kedai kopi ini konon merupakan yang pertama kali 'babat alas' dan penancap tonggak sejarah perkopian di Batu Malang. Bukan bermaksud promo, tapi kabar-kabarnya pengolahan kopi ini dikelola secara manual, walaupun dengan menggunakan teknologi berupa mesin-mesin gitu. Yang pingin tau rasanya kopi ini, langsung datang aja ke Jl. Kahuripan No. 12 Malang. Ntar kalau udah ngerasain gimana sensasinya, bagi-bagi pengalaman ya.. :)

Oke, travellers, segini dulu ya posting kali ini. Kapan-kapan kita las lagi tulisannya ya. See you and...
Wassalaamu'alaikum.. ^_^

1 komentar: