Jumat, 10 April 2015

Pulau Sempu Atau Pantai Balekambang?

Assalamu'alaikum, Travellers! Gimana kabarnya? Udah shalat Jumat? Udah makan siang? Udah kemana aja sih? Gak nerima jawaban, "Ke hatimuuuu!" loh ya, hehehe. 

Oke, Travellers, di kesempatan sungai ini, eh, maksudnya di kesempatan kali ini kita coba compare tentang dua lokasi wisata alam yang ada di Batu Malang, yaitu Pulau Sempu (yang terkenal dengan Segara Anakan-nya) dan juga Pantai Balekambang.

Keindahan
Para travellers yang suka keindahan alam, pasti gak akan nolak kalau ada yang bilang bahwa Pulau Sempu dan Pantai Balekambang ini adalah target wisata yang luar biasa indah. Bedanya, kalau di Pulau Sempu, keindahan yang ditawarkan berupa laguna alias danau yang bernama Segara Anakan yang dikelilingi hutan konservasi. Air yang ada di tengah Segara Anakan yang mirip Danau Toba Sedangkan di Pantai Balekambang, keindahan yang ditawarkan mirip dengan Tanah Lot di Bali. Yaaa walaupun gak mirip-mirip amat sih, tapi setidaknya pemandangan di sana mengingatkan kita akan pemandangan di Pulau Dewata itu. Yang bikin mirip itu ada pura yang berada agak ke tengah laut, berada di sebuah pulau bernama Pulau Ismoyo, dan dihubungkan dengan sebuah jembatan. Pura itu bernama Luhur Amertha Jati. Nah, untuk yang suka buang sampah seenaknya, mending gak usah datang ke dua tempat ini ya. Kasihan kalau keindahan mereka dikotori oleh tangan-tangan gak bertanggung jawab kayak gitu. Okeh? :)

Jarak
Dilihat dari letaknya Pulau Sempu berada di pantai selatan Kabupaten Malang, sedangkan Pantai Balekambang berada di kecamatan Bantur, sebelah selatan kota Malang. Ditinjau dari jaraknya pun, jika bertolak dari pusat kota Malang, letak Pulau Sempu cenderung lebih jauh, 80 km dari pusat kota. Selain itu, kendaraan pribadi hanya bisa sampai di 'luar' hutan. Selebihnya, untuk bisa mencapai lokasi dengan pemandangan luar biasa kayak kaca ini harus jalan kaki memasuki hutan yang dijadikan kawasan konservasi alias cagar alam itu. Sementara itu, Pantai Balekambang yang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Batur ini, malah lebih dekat lagi, 65 km dari pusat kota, dengan akses yang lebih mudah dibanding perjalanan ke Pulau Sempu. Yang suka tantangan tracking kayaknya bakal suka banget mampir ke Pulau Sempu deh, hehehe. Tapi yang ogah jalan jauh, Pantai Balekambang adalah pilihan yang menyenangkan. ^_^

Tiket Masuk
Bahas yang mana dulu nih? Oke, karena judulnya Pulau Sempu yang disebut duluan, bahas yang Pulau Sempu dulu ya. Tiket masuk ke Pulau Sempu dimulai saat kita sampai di Pantai Sendang Biru, besarnya Rp6.000,- per orang. Untuk bisa menuju ke Pulau Sempu, kita harus melewati laut dari pantai Sendang Biru dan meminta izin dari Kantor Konservasi Sempu, biasanya dikenakan biaya Rp20.000,- baru kita bisa berlayar ke Teluk Semut, sebuah teluk yang ada di Pulau Sempu. Tiket izin ini tidak termasuk biaya transportasinya (kapal atau perahu) lo ya. Jadi kalau kita mau gratis, mungkin berenang menyeberangi laut antara Sendang Biru sampai Teluk Semut sejauh 0,8 km itu perlu dicoba juga, hehehe. Begitu sampai di Pulau Sempu, kita bisa sewa guide untuk jadi pemandu kita pas jalan kaki menuju laguna Segara Anakan. Tapi hindari tracking pas hujan ya, jalanan licin dan becek soalnya. Juga jangan pasang tenda kemping terlalu dekat dengan laut, malam-malam biasanya air laut pasang. Bisa kelelep ntar, hehehe..
Nah, beda dengan Pulau Sempu yang pake izin segala (yah, namanya juga kawasan cagar alam), Pantai Balekambang gak pake izin boleh masuk kok. Harga tiketnya juga gak sampe Rp10.000,- per orang. Aksesnya juga gak pake tracking kayak di Pulau Sempu. Tapi jalanan menuju pantai indah ini yang agak melelahkan karena banyak lubangnya.. Stay alert ya!:)

Oleh-Oleh Khas
Nah, ini yang penting, hehehe.. Sebagai bukti bahwa kita pernah mengunjungi suatu tempat, biasanya yang kita cari adalah oleh-oleh atau souvenir yang ada di lokasi wisata itu. Kalau di Pulau Sempu, segala keperluan logistik ada di Pantai Sendang Biru. Jadi, jangan harap kita nemu berjejer stan yang menjual oleh-oleh khas Pulau Sempu di pulau imut itu sendiri ya. Beda dengan Pantai Balekambang. Walau pantai ini imut, kecil dan unyu gitu ya, tapi segala kebutuhan wisatawan bisa terpenuhi. Kalau mau cari restoran di pantai ini, available. Toilet umum, penginapan, hingga toko souvenir juga ada. Jadi gak usah khawatir kalau pingin cari souvenir ke Balekambang. Ada tokonya kok. ^_^

Yuuuk, itu tadi pembandingan kita akan Pulau Sempu dan Pantai Balekambang. Mau pilih yang menantang atau yang lebih rileks, silakan ditentukan sendiri. Yang penting, tetap cintai alam, manfaatkan kantong saku, Travellers, sebagai tempat sampah sementara agar keindahan lokasi wisata di Indonesia tetap terjaga keindahan dan kelestariannya. Setuju?

Wassalamu'alaikum! ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar