Selasa, 28 April 2015

Jangan Jalan-Jalan ke Batu Malang!

Assalaamu'alaikum, Travellers! Wuaduh! Itu judulnya sadis gitu ya? Coba kita bahas bareng-bareng secara full version kenapa si blogger ini bikin tulisan pake titel agak serem gitu, pake ngelarang kita-kita untuk berwisata ke daerah yang jelas-jelas jadi kota wisata itu.



Tulisan ini tidak lain dan tidak bukan adalah sebuah protes karena lingkungan yang jadi kurang indah saat wisatawan yang gak sadar lingkungan datang ke Kota Batu Malang. Mereka enak-enak aja tuh wisata kuliner, wisata rohani, wisata alam, wisata edukasi, dan berbagai jenis wisata lainnya, tapi malah gak sadar -atau pura-pura lupa- kalau kota ini adalah kota hijau. Atau mungkin kita perlu memberitahu dan mengingatkan bahwa Kota Batu Malang ini bukan "kota buang sampah sembarangan"!



Kita, sebagai Travellers yang baik dan cinta lingkungan, harusnya kita gak mencontoh mereka. Kita jalan-jalan atau travelling itu untuk bersatu dengan lingkungan, bukan berpisah dari lingkungan. Untuk berpadu dengan alam, bukan berseteru dengan alam.

Sudah lihat foto di atas? Foto itu diambil di pinggiran laguna Sempu yang MESTINYA alami dan indah, tapi nyatanya malah terkotori oleh sampah-sampah mereka yang kayaknya rasa tanggung jawabnya digadein kemana gitu. Kalau aja yang nulis ini boleh tinggal di Sempu 30 hari berturut-turut, tanpa gangguan administrasi dan perizinan, pingin gitu rasanya ngebersihin itu semua dan nulis gede-gede di sana, "JANGAN DATANG KE BATU MALANG KALAU HANYA UNTUK MENGOTORI ALAM KAMI!" atau "YA ALLAH, CABUTLAH NYAWA SIAPAPUN YANG BUANG SAMPAH SEMBARANGAN DI KOTA INI", atau kalimat-kalimat sejenisnya. Kalau ada yang gak setuju, angkat jempol ke atas! (y)

Makasih udah baca dan wassalaamu'alaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar