Rabu, 01 April 2015

Where to Go to Batu Malang

Assalamu'alaikum, travellers. Today sounds great, right? Tapi udah pada mandi kan? Udah sarapan? Buat yang lagi puasa, met puasa aja deh, semoga semakin berkualitas diri dan hidupnya. Trus yang belum cuci muka, hayoooo, buruan cuci muka dulu! Sekalian wudhu, shalat dhuha trus siap nyari rezeki deh, hehehe...

Oke, hari ini coba kita ulas sedikit tentang destinasi wisata yang ada di Batu Malang. Karena kemarin udah jelasin dikit-dikit tentang Batu, Malang dan sekitarnya itu, sekarang yuk kita intip ada jujugan apa aja yang tersedia di kota hujan ini. Jadi, buat travellers yang masih bingung mau rekreasi kemana aja selama lagi berkunjung ke Batu atau Malang, siapa tahu daftar di bawah ini bisa bantu.. :)

1. Jawa Timur Park Group
Jawa Timur Park Group menaungi beberapa tempat wisata, di antaranya Jawa Timur Park 1 (yang berupa wahana bermain yang ada di Malang yang memadukan konsep pendidikan dan konsep pariwisata), Jawa Timur Park 2 (yang berupa museum satwa dan kebun binatang), Eco Green Park, dan Batu Night Spectacular (BNS). Biasanya nih wisata-wisata yang berada 850 m di atas permukaan laut ini pengunjungnya rame banget kalau udah masuk hari libur atau tanggal merah. Apalagi setiap tahun, kabarnya, di Jatim Park 1 selalu ada wahana baru yang ditawarkan kepada pengunjung. Bahkan, pihak Jatim Park udah pada koar-koar nih mau launching museum terbarunya, Human Body Museum. Harga tiket masuknya beragam, mulai dari gratis hingga Rp275.000,-, bergantung pada jenis tiket (mandiri atau paket), waktu (liburan, weekend, atau hari biasa), dan tinggi badan pengunjung. Nah, kita bisa akses langsung di www.jawatimurpark.com biar tau lebih lanjut mengenai apa aja yang ditawarakan tempat wisata yang dinaungi grup ini. :)

2. Agrowisata
Agrowisata yang terkenal di Batu Malang adalah Kusuma Agrowisata yang menyediakan beragam fasilitas. Mulai dari wisata petik (jadi kalau kita-kita mau jalan ke sana, ke kebun apel atau stroberi misalnya, boleh metik buahnya dari pohonnya langsung, gak pake perantara, hehehe), agro educative (dibedakan jadi edukasi pelajar, ekskul biologi, dan edukasi instansi), outbond, flying fox hingga waterpark. Tiketnyapun beragam, mulai dari Rp55.000,- hingga Rp100.000,- bergantung pada paket, fasilitas, waktu, dan jenis tiket (individu atau kolektif). Coba kunjungi www.kusuma-agrowisata.com untuk informasi lainnya.

3. Wisata Air Terjun
Setidaknya ada tiga wisata air terjun yang ada di Batu, Malang, yaitu wisata air terjun Coban Rondo, Coban Talun, dan Coban Rais (dulu dikenal sebagai air terjun Coban Sabrangan, karena nyeberangi 14 sungai). Ketiga air terjun ini bisa dicapai setelah menempuh jalan kaki gitu deh dari tempat parkirnya. Jadi berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian beneran, hehehe. Tapi perjuangan itu bisa terasa setelah mata nemu air terjunnya. Suegeeeerrrrr!!! Untuk tiket masuk, cukup dengan membayar Rp10.000,- kita bisa menikmati wisata yang berada di tengah hutan pinus ini dan disuguhi panorama dan eksotisme yang menyegarkan mata dan hidung (kecuali yang lagi pilek) karena kesejukan dan kealamiannya. Konon, bukan cuma panorama aja loh yang indah di tiga Coban ini, tapi juga ada nilai mistis yang membuat tempat ini dikunjungi banyak wisatawan. Apa aja nilai mistis itu? Silakan temukan di wisata air terjun tiga Coban di Batu, Malang.

4. Masjid Tiban
Nah, ini dia satu destinasi wisata di Malang, yang selain luar biasa indahnya juga memiliki nilai mistis. Walaupun tidak sedikit yang percaya bahwa pembangunan masjid yang terletak di Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang ini dibantu oleh bangsa jin dan sejenisnya, namun ada juga yang menyangkal karena masjid tersebut dibangun sendiri oleh para santri dan pekerja. Selain biaya masuk yang gratis, masjid ini memiliki daya tarik tersendiri dari sisi arsitekturnya. Kalau kita-kita cuma lihat bangunannya dari gambar aja, hmmm, mending lihat langsung ke masjidnya deh! Beneran! :)

5. Taman Wisata Keluarga
Iya, ngerti, kalau nyari di Google insya Allah gak ada nama tempat wisata di Batu atau Malang yang pake nama itu. Maksudnya taman wisata keluarga di sini adalah tempat wisata yang masih satu 'spesies' dengan dengan Jatim Park 1, ada wahana bermainnya, ada waterpark-nya, ya pokoknya buat rekreasi keluarga gitulah. Tujuannya juga banyak, ada Taman Rekreasi Sengkaling (TRS) yang bioskop 4Dnya menjadi tujuan pengunjung datang ke tempat wisata ini. Letaknya juga mudah dijangkau karena berdekatan dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), cuma 1 km ke arah barat kampus itu. Kalau pingin ke sini, coba buka www.wisata-sengkaling.com untuk dapet info lebih jauh. Ada juga Waterpark Selecta yang menawarkan mulai kolam renang sejarah, taman bunga hingga arena pacuan kuda. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi www.selectawisata.com agar tau lebih banyak tentang Selecta.

6. Wisata Pantai
Sekarang, kita coba beralih ke air asin. Di Malang ada beberapa pantai yang bisa dijadikan tujuan wisata. Di antaranya pantai Balekambang (yang mendapat julukan Tanah Lot Malang), pantai Ngliyep (yang ada tebing curam dan hutan lindungnya itu tuh, tapi pantainya gak boleh dipake berenang karena berbahaya) dan Pulau Sempu (biasanya Pantai Sendang Biru dan Laguna Segara Anakan di Pulau Sempu dijadikan sasaran hunting bareng para fotografer). Hayoooo, mau pilih yang manaaaaa? :)

7. Songgoriti
Di Songgoriti kita bisa menemukan candi peninggalan masa-masa Nusantara lama. Di tempat ini pula kita bisa melihat pemandangan Kota Batu dari atas paralayang. Selain itu, Songgoriti juga menawarkan pemandian air panas, pasar wisata, pasar tanaman hias dan pasar kelinci. Untuk bisa menikmati pemandian air panas, kita hanya perlu mengeluarkan Rp15.000,- untuk tiket masuknya. Murmer kaaaan? :)

8. Alun-Alun Kota Batu
Naaahh, ini yang ditunggu-tunggu: ALUN-ALUN KOTA BATU! Kenapa ditunggu-tunggu? Karena tiket masuknya gratis, hehehe. Iya laaahh, satu-satunya wahana yang berbayar di alun-alun Batu ini cuma Bianglala. Itupun hanya Rp3.000,- saja. Pokoknya kalo lagi bokek, gak ada duit, tapi pingin jalan-jalan ke Batu, alun-alun kota ini bisa jadi andalan wisata. Cucok buat yang tanggal tuanya lebih lama daripada tanggal mudanya, hehehe.

Well, travellers, itu tadi beberapa tujuan wisata di Batu, Malang, dan sekitarnya udah kita rangkum bareng-bareng. Tapi apapun pilihan wisata kita jalan-jalan ke Batu dan Malang, pastikan keamanan dan kenyamanan berwisata terpenuhi. Seperti budget, makanan, pakaian ganti, kelengkapan kendaraan, dokumentasi dan sebagainya. Selain itu, niatkan bahwa perjalanan ini bukan semata melepas penat, melainkan juga sebagai kesempatan untuk menikmati keagungan Allah Yang Maha Pencipta atas segala karya-karyanya yang luar biasa. Lebih bagus lagi kalau ada karya yang kita hasilkan selain sekedar jalan-jalan ngabisin waktu.. Tul, kan?

So, see you next posting and...

Wassalamu'alaikum... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar